Minggu, 03 Maret 2013
xSTRAIGHT EDGEx ( hidup sehat ala anak hardcore)

mungkin udah banyak yang tau dan banyak juga yang ngebahas apa sih staright edge itu, tp gua mau ngilas balik siapa tau belom ada yg tau apa itu straight edge
oke lets begin...

Apa sih STRAIGHT EDGE ?
adalah cabang filosofis dari pergerakan punk, sebuah reaksi dari hedonisme dan penghancuran diri sendiri yang menjadi karakteristik punk itu sendiri. Filosofi mendasarnya berpusat pada isu Sef-Control. Straight adalah counter culture yang secara aktif mencegah penggunaan narkoba,penggunaan alkohol dan seks bebas.Straight Edge adalah Lifestyle yang berpusat pada pengembangan diri menjadi lebih baik, dimana sambil meningkatkan kesenangan dan kebersamaan. Straight edge tidak hanya tentang masuk ke musik kontemporer punk dan melawan drugs, tapi masuk lebih kedalam itu. Pergerakan ini berkeinginan menjauhkan masyarakat dari kebiasaan memakai Drugs (baik legal or ilegal). Straight Edge tidak dogmatis,tidak ada peraturan keras, tapi kamu yg menentukan, semua orang ga boleh mendikte seperti polisi, atau ingin mencapai ideologi yang di inginkan seperti agama dan pemerintah.
Pergerakan ini dimulai oleh band hardcore punk di awal taun 80-an, Minor Threat dengan vokalisnya Ian Mackaye menulis lag berjudul Out Of Step dimana berisi peraturan simple. "don't drink, don't smoke, don't fuck, but at least i can fucking thing". dimana berarti, lo ga ngedrugs, lo ga ngerokok, lo ga seksbebas,lo ga minum2, tap lo masih bisa ngelakuin semuanya, lo ga nerd. lo something. itu yang mau disampein.

fyi : iya memang benar bahwa straight edge hanya mempunyai 3 aturan jangan merokok,alkohol,dan narkoba, tapi semenjak akhir tahun 80'an, muncul band SXE HC seperti Youth of Today dengan liriknya yang bersifat mendukung vegetarian dan anti-free sex dan akhirnya menjadi panutan bagi straight edge dan memang itu sekedar tambahan.
straight edge telah menemukan filosofisnya sendiri tanpa harus terus mengikuti apa kata ian mackaye. ( salah satu personel minor threat)
Sederhana, tidak merokok,tidak minum, tidak memakai drugs,tidak melakukan seks bebas, dan kau juga tidak memaksa orang melakukan hal yang sama sepertimu. dan pengintrepetasi orang beda-beda. ada yang lo menjadi straight edge untuk diri sendiri, ada yang untuk lingkungan, dan ada yang karena ikut-ikut.

mengapa tanda X?
di taun 80-an dimana gigs2 dilakukan di bar, banyak anak muda yang tidak bisa menonton karena ditakutkan dapat meminum bir, melakukan transaksi narkoba, dll. maka dibuatlah peraturan oleh pemilik bar, bahwa anak dibawah umur tersebut memakai tanda X agar tidak diperbolehkan membeli alkohol. Tapi belakangan Tanda "X" menjadi tanda yang dipakai semua straight edge people, dengan menaruh di tangan, baju dan lain-lainya.
straight edge sebuah agama?
TIDAK! walaupun Straight Edge mengambil beberapa nilai moral dari banyak agama, SxE bukan sebuah agama dimana mempunyai tuhan, mempunya tempat ibadah or penyembahan lainnya. Walaupun juga beberapa Straight Edge adalah orang2 dari agama kristen, Islam, budha,Hindu dll.
Banyak SxE menganggap pilihan hidupnya adalah dari hasrat diri mereka sendiri untuk menjadi benar pada dirinya dan bukan karena kepercayaan agama. mungkin dengan banyaknya orang yang mengaku beragama, tp masih ngebir, ngedrugs dan seks sebelum nikah.
tentang musik
Straight Edge tumbuh besar di lingkungan musik Punk dan Hardcore. Dan musik lah yang berperanan penting dalam berkembangnya Straight Edge. Musik nya cepat, penuh kemarahan, lirik dengan pemikiran, keprihatinan dalam politik, sosial dan struktur lingkungan keluarga.

0 komentar:

free counters
Diberdayakan oleh Blogger.